Lokakarya Mini Muspika Empanang, Indentifikasi Kesehatan Masyarakat - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, June 18, 2021

Lokakarya Mini Muspika Empanang, Indentifikasi Kesehatan Masyarakat

Foto: Camat Emapanang, Dudang saat menyampaikan arahan dalam kegiatan loka karya mini di kecamatan Empanang, Jumat (18/6/2021)/Istimewa

Kapuas Hulu - Muspika Kecamatan Empanang mengadakan Lokakarya Mini Lintas Sektoral di desa Lajak Sandang kecamatan Emapang, Jumat (18/6/2021). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi kesehatan masyarakat. Hadir pula pihak Dinas Kesehatan Kapuas Hulu dalam kegiatan itu.
Camat Empanang, Dudang mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya Lokakarya Mini Lintas Sektoral Kecamatan adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat yang ada di Kecamatan Empanang. "Setelah mengetahui dan mengidentifikasi permasalahan perlu pemecahan masalahnya," ujarnya.
Sebagai contoh, lanjut Dudang, masalah Stunting. Hal ini penyebabnya sangat kompleks, mulai dari persiapan pernikahan, usia pernikahan, perawatan kehamilan, imunisasi, lingkungan keluarga, kesehatan keluarga. "Termasuk asupan gizi, sanitasi dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi," ujarnya.

Kepala Puskesmas Empanang Susana, memaparkan tentang perkembangan pelayanan kesehatan masyarakat. Ia mengatakan bahwa kesehatan masyarakat di Kecamatan Empanang masih perlu penanganan secara terintegrasi, sinergi oleh setiap stakeholder yang ada di kecamatan Empanang. "Mulai dari Puskesmas, Bidan Desa, Kepala Desa dan perlu pembinaan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan," ujarnya. 

Sementara itu Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, Ade Hermanto mengatakan bahwa kesehatan bukan urusan Puskesmas maupun Dinas Kesehatan semata, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama. Peran keluarga, masyarakat, Kepala Desa dan unsur lain sangat penting. 
Khusus masalah jamban keluarga, masih ada masyarakat yang buang air sembarangan atau tidak memiliki WC yang layak. Ini hendaknya dilakukan edukasi secara terus-menerus. "Semua desa yang ada di wilayah kecamatan Empanang masih ada yang tidak memiliki WC," ujarnya. 

Kegiatan loka karya mini di Empanang turut dihadiri Bidan Desa, Kader Kesehatan desa serta tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Empanang juga semua Kepala Desa di wilayah kecamatan Empanang.
Pada akhir kegiatan Dinkes Kapuas Hulu juga mengajak kepada Kepala Desa untuk menerapkan ODF. Terdapat satu desa yang siap ODF yaitu Desa Bajau Andai. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad