Bupati Kapuas Hulu Hadiri Gawai Dayak Iban - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, June 5, 2021

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Gawai Dayak Iban


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri upacara adat rasa syukur atas hasil panen padi (gawai) di Dusun Sumpak Sengkuang Desa Setulang Kecamatan Batang Lupar, Jumat (4/6/2021).

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri upacara adat rasa syukur atas hasil panen padi (gawai) di Dusun Sumpak Sengkuang Desa Setulang Kecamatan Batang Lupar, Jumat (4/6/2021). Acara tersebut dilakukan terbatas dengan penerapan protokol kesehatan.

Tokoh masyarakat Sumpak Sengkuang, Markus Kelambu menerangkan bahwa hasil panen padi tahun ini berhasil karena stok padi akan bertahan sampai tahun depan.
"Puji Tuhan tahun ini kita tidak akan kekurangan padi, hasil panen kita diperkirakan mampu sampai tahun depan," ujarnya.
Markus berharap kepada Pemkab Kapuas Hulu agar daerah mereka mendapat pendampingan untuk pengembangan tempat wisata, selain menjadi kawasan pertanian.
" Kami mohon kepada Pemerintahan Daerah agar daerah kami bisa dijadikan salah satu spot Wisata karena di dusun kita disini ada satu air terjun dan viewnya juga langsung menghadap ke daerah Danau Sentarum. Kami juga siap menyiapkan lahan untuk dijadikan lahan pertanian yang sesuai dengan Program Pemerintah Daerah," tuntasnya.

Upacara adat yang dilaksanakan secara sederhana namun tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut mendapat apresiasi Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan.
"Saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan khususnya Puskesmas Batang Lupar karena sudah membantu masyarakat disini untuk melaksanakan upacara adat dengan menerapkan Protokol Kesehatan," ucap Bupati.
Terkait harapan warga, Bupati menuturkan tidak menutup kemungkinan kedepannya ini bisa dijadikan kawasan objek wisata. Hal itu juga sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Daerah yaitu untuk membangun 
pertumbuhan ekonomi masyarakat pada sektor pertanian, pariwisata dan industri 
kreatif berbasis sumberdaya alam lokal. "Kita akan sesuaikan dengan kemampuan daerah," ucapnya.

Bupati Kapuas Hulu juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sudah mengajukan ke pihak PLN agar beberapa daerah di Kapuas Hulu bisa teraliri listrik
"Sewaktu saya meresmikan Listrik di Daerah Perbatasan beberapa Bulan lalu saya juga sudah menyampaikan usulan ke PLN Provinsi agar daerah Kapuas Hulu ada penambahan listrik khususnya daerah disini Kecamatan Batang Lupar, kita selalu berupaya semaksimal mungkin karena kebijakan ini murni dari pihak PLN," tuntas Bupati.

Perayaan Upacara Adat tersebut juga di hadiri oleh Anggota DPRD Kapuas Hulu, beberapa Kepala OPD, Kepala Desa, Kapolsek Batang Lupar, Camat, Danramil, Kepala Adat/Patih Sumpak Sengkuang.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad