BPBD-KH Latih 30 Warga Cara Tanggulangi Karhutla - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, June 3, 2021

BPBD-KH Latih 30 Warga Cara Tanggulangi Karhutla

Foto: Pembekalan teknis kepada 30 orang relawan pemadaman kebakaran di Desa Cempaka Baru, kecamatan Putussibau Selatan, Kamis (3/6/2021)/istimewa

Kapuas Hulu - Masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) adalah masalah yang kompleks dan rumit. Pemerintah Kapuas Hulu berupaya melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan penanggulangannya.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu telah membentuk dan memberikan pembekalan teknis kepada 30 orang relawan pemadaman kebakaran di Desa Cempaka Baru, kecamatan Putussibau Selatan, Kamis (3/6/2021). "Kegiatan ini kami laksanakan selama 2 hari, dari tanggal 3-4 Juni 2021," ungkap Gunawan, Kepala BPBD Kapuas Hulu.
Tujuan dari kegiatan itu adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla, sehingga sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan pengendalian sebelum berdampak lebih luas. "Kita ingin terwujudnya sinergitas antara pemerintah dan warga masyarakat dalam menangani karhutla," kata Gunawan.
Ia juga mengharapkan peserta mengikuti rangkaian pelatihan atau pembekalan secara serius, supaya memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla. "Karhutla mungkin saja terjadi dimasa yang akan datang, jadi kita harus bisa menanggulanginya," tuntas Gunawan.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad