Beberapa Desa di Kalis dan Metebah Banjir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, May 20, 2021

Beberapa Desa di Kalis dan Metebah Banjir

Foto: Keadaan banjir di kecamatan Kalis, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (20/5/2021)/istimewa

Kapuas Hulu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menyatakan saat ini banjir terjadi di beberapa desa di kecamatan Kalis dan Mentebah. Setidaknya ada 9 desa di Kecamatan Kalis dan 2 desa di kecamatan Mentebah terdampak banjir tersebut.

Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan banjir di kecamatan Kalis terjadi di sembilan desa. Desa- desa tersebut dilewati daerah aliran sungai Kalis dan Mandai. "Sembilan desa tersebut adalah desa Nanga Raun, Tapang Daan, Samarantau, Kalis raya, Kalis, Segiam, Peniung, Tekudak, Lebangan," ujarnya.
Ketinggian air bervariasi tergantung letak posisi permukaan tanah. Diperkirakan ketinggian air 50 cm sampai 1,5 m untuk desa yang terdampak banjir di Kecamatan Kalis.
"Banjir juga melanda kecamatan mentebah yaitu desa Nanga Mentebah dan desa Tanjung Intan," ungkapnya.
Gunawan mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan monitor kejadian banjir. Selai itu, BPBD juga telah mengirim telek ke beberapa kecamatan yang beresiko terkena dampak bencana alam.
"Kami sudah ke lokasi bencana sekaligus koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa setempat. Kami juga sudah mengirim surat atau telek kepada kecamatan terkait kewaspadaan, kesiapsiagaan banjir yang mungkin dan yang telah terjadi," paparnya.
Gunawan juga menghimbau agar pihak kecamatan dan desa dapat monitor terus perkembangan yang terjadi. Hal itu salah satu langkah awal dalam upaya untuk mengurangi resiko daripada dampak yang mungkin terjadi nantinya. "Masyarakat juga harus waspada terhadap bencana banjir atau longsor, terutama jika pemukimannya dekat aliran sungai atau area tebing. Pasalnya intensitas hujan cukup tinggi belakangan ini," tuntas Gunawan.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad