Petugas Gabungan Amankan Alat Diduga Untuk Penyentruman Ikan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, March 8, 2021

Petugas Gabungan Amankan Alat Diduga Untuk Penyentruman Ikan

Foto: Petugas mengamankan alat diduga untuk menyentrum ikan, belum lama ini/ istimewa

Kapuas Hulu - Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu,Yulianus Surirondiny, mengatakan bahwa pihaknya bersama Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Wilayah Kerja Kapuas Hulu serta SatPolairud Polres Kapuas Hulu dan Pokmawas Hilir Kantor, berhasil amankan barang /alat yang diduga akan digunakan untuk melakukan penyetruman ikan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas. 

"Pada tangal 4 maret 2021, tempo hari pada pukul 20:37 wiba, kita berhasil mengamankan peralatan tangkap berupa aki bersama inverter. Ini diduga digunakan untuk melakukan penyetruman, ikan di perairan sungai Kapuas," katanyanya saat ditemui di Kantornya, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Senin (8/3/2021). 

Yulianus menyampaikan, kronologis Kejadian tersebut bermula dari aduan masyarakat, pada saat Nelayan yang sedang menangkap ikan mengunakan jaring insang, mencurigai adanya aktifitas yang mencurigakan di tepian sungai Kapuas, dan salah satu nelayan berinisiatif menghampiri orang yang tersebut, ketika di hampiri orang tersebut melarikan diri, ternyata ditemukan Accu dan rangkaian alat penyetruman yang diduga keras akan digunakan pelaku untuk melakukan penyetruman ikan. 
Kemudian masyarakat pun melaporkan kejadian tersebut kepada Pengawas Perikanan untuk datang ke lokasi tempat kejadian. 

"Hasil tersebut merupakan tindakan lanjut dari laporan nelayan kita, yang sedang melakukan penangkapan ikan di perairan umum sungai Kapuas, tepat didekat desa kampung jati. menurut informasi dari nelayan tersebut, bahwa mareka mencurigai aktivitas beberapa orang, yang akan melakukan aktivitas penyetruman di pinggir sungai, ketika di hampiri, para pelaku tersebut melarikan diri dan meninggal beberapa alat yang kami temukan tersebut," ujarnya. 

Untuk itu Yulianus mengharapkan, peran serta Dari pihak masyarakat terutama para nelayan, serta Pokwasmas yang telah di bentuk tetap semangat dalam melakukan pengawasan, jadi tidak hanya mengharapkan aparat penegak hukum seperti ppns Perikanan dari Dinas Perikanan, PSDKP serta SatPolairud Polres Kapuas Hulu, guna untuk menjaga kelestarian sumber daya Perikanan di Kapuas Hulu. 

"Jadi disini peran serta masyarakat sangat penting dalam mencegah illegal fishing seperti penyentruman penubaan dan sebagainya," tutur Yulianus.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad