Perlu Peningkatan Kapasitas WTP Untuk Perluas Layanan Air Bersih - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, March 22, 2021

Perlu Peningkatan Kapasitas WTP Untuk Perluas Layanan Air Bersih

Foto: Sainihadi, Direktur PDAM Kapuas Hulu/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kapuas Hulu,  Sainihadi, mengatakan bahwa pihaknya sudah  merencanakan pengembangan jaringan pipa di bagian Lintas Utara, Lintas Timur, Lintas Barat yang masuk wilayah kota Putussibau. Hanya saja ada kendala di kurangnya kapasitas produksi air bersih.
"Kapasitas produksi air sudah tidak mencukupi untuk pengembangan jaringan pipa lagi, jadi kapasitas produksi ini masalah nya," katanya saat di temui di kantor PDAM Kapuas Hulu pada Senin (22/3/2021). 

Sainihadi mengatakan, untuk bendungan Potan dari Balai Wilayah Sungai akan merehapnya atau melakukan optimalisasi. Selama ini jaringan pipa sudah ada disana, namun dorongan air dari Potan tidak mampu mengalirinya hingga ke rumah warga.
"Selama ini dari bendungan Potan belum ada ngalir airnya ke desa-desa sekitar jadi diperbaiki lagi tahun ini. Kalau air dari Potan mengalir semoga saja nanti bisa untuk mencukupi kebutuhan air di desa Sibau Hulu, Sibau Hilir dan kawasan dusun Mupa desa Pala Pulau," katanya. 
Sainihadi juga menjelaskan bahwa di kawasan Putussibau Selatan butuh pembangunan kapasitas air. PDAM sudah mengusulkan untuk bantuan pembangunan fasilitas produksi Water Treatment Plan (WTP). "Kita minta kemarin yang kapasitas 40 sampai 50 liter per detik, kalo itu sudah maka nanti air bersih ke Lintas Barat, Sungai Uluk,  Jaras sampe ke Teluk Sindur akan terpenuhi. Jalur ke sana itu sudah ada jaringan pipanya, tingal di buka saja," ungkapnya. 
Selain itu, lanjutnya, Lintas Barat arah Pesantren sudah bisa di layani, kemudian ke Lintas Timur sampai ke Sauwe dan Kedamin Hulu. "Daerah ini sudah memiliki jaringan pipa juga, tinggal memenuhi kapasitas airnya saja," ucap Sainihadi. 
Ia mengatakan untuk pengadaan pembangunan fasilitas dalam rangka menunjang produksi air bersih, PDAM sudah berupaya mengajukan bantuan ke Pemerintah Pusat. Apabila mengunakan dana daerah, itu tidak cukup sebab angaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya cukup besar. 
"Kemarin saya juga sudah koordinasi dengan pak Wakil Bupati, supaya bisa dibantu mendapatkan angaran nya," tuntasnya. 

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad