Pembukaan TMMD Regtas ke 110 di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, March 2, 2021

Pembukaan TMMD Regtas ke 110 di Kapuas Hulu

Foto: pembukaan TMMD Regtas ke 110 tahun 2021 yang di Makodim 1206/Putussibau, Kapuas Hulu, Selasa (2/3/2021)/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri pembukaan TMMD Regtas ke 110 tahun 2021 yang di Makodim 1206/Putussibau, Kapuas Hulu, Selasa (2/3/2021). Tema yang diangkat dalam kegiatan itu "TMMD wujud sinergi membangun negeri".
Bupati Kapuas Hulu mengapresiasi TNI yang telah menetapkan Kapuas Hulu sebagai lokasi kegiatan TMMD tahun anggaran 2021. Pemda sudah menetapkan lokasi sasaran kegiatan fisik, berupa pembukaan jalan sepanjang kurang lebih 3,8 kilometer, beserta 7 jembatan dan 9 gorong - gorong di kecamatan Hulu Gurung. "Adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan dan  mensukseskan pelaksanaan kegiatan TMMD regtas ke-110 kodim 1206 Putussibau," ujarnya.
Selain itu Bupati menyampaikan, momentum kegiatan TMMD dapat menghidupkan kembali budaya gorong royong. TMMD memberdayakan masyarakat dalam membangun dan merehabilitasi sarana dan prasarana serta fasilitas umum. "Semoga kegiatan ini dapat menghidupkan kembali semangat gorong royong," katanya. 
Bupati mengharapkan, TMMD menjadi semangat bersama menjaga persatuan, kesatuan serta memperkokoh integritas sosial bangsa di dalam bingkai NKRI. "Saya harap kegiatan TMMD jadi semangat kita bersama," katanya. 
Bupati mengatakan kerja sama TMMD bisa terus berkelanjutan karena sangat membantu membuka akses - akses yang masih sulit. Dengan akses dan infrastruktur yang telah terbuka, banyak juga daerah- daerah yang telah terisolir bisa terbuka dan berkembang dalam berbagai sektor pembangunan. "Saya berharap ini bisa berlanjut," tuturnya.

Sementara itu Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny mengatakan, TMMD ini sudah yang ke 110, yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Ada sekitar 500 bersama sama dibuka. "Dengan sinergitas dan kolaborasi bersama untuk pembangunan di daerah yang terisolir, desa yang sangat terpencil. Ini tentu sangat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat di pendalaman," tegasnya.

Ronny mengatakan, ada tiga kabupaten di wilayah jajaran Korem 121/Abw membuka TMMD yang ke 110. Lokasinya di Kapuas Hulu, Mempawah dan Sanggau. TMMD yang dilaksanakan 2 kali 1 tahun sekarang di tingkatkan 3 kali 1 tahun. Ini adalah wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga lainya bersama pemda, untuk membantu pembangunan di daerah demi tercapai nya kesejahteraan rakyat. "Dengan cara memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat, ini jadi modal pertahanan yang kuat dalam aspek pertahanan dan ketahanan negara. Kita menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh secara keseluruhan di wilayah NKRI," ujarnya.
Ronny mengajak seluruh elemen masyarakat dimana dilaksanakan TMMD, bersama sama bekerja membangun daerah. Ini penting guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang ekonomi, sosial serta budaya, untuk itu TMMD hadir di tengah - tengah masyarakat. TMMD juga menumbuhkan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat, agar tetap memelihara sinergitas bersama dengan instansi lain yang terkait. "Mari kita menyebarkan semangat gotong royong dan semangat yang positif, untuk maju mencapai tingkat yang lebih tinggi, dalam pembangunan dan kesejahteraan rakyat," ujarnya. 
Kegiatan TMMD dilaksanakan selama 1 bulan mulai 2 maret sampai 31 maret 2021 ditutup. Ronny berharap seluruh pekerjaan yang menjadi target atau sasaran baik fisik maupun non fisik dari pada program TMMD dapat diselesaikan dengan sukses. 
Untuk sasaran fisik yaitu pembuatan kegiatan sarana prasarana berupa fasilitas umum masyarakat, jalan untuk membuka isolasi desa. Kemudian sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, kamtibmas, penyuluhan pertanian, penyuluhan tentang bahaya narkoba, dan penyuluhan pembukaan lahan pertanian tampa membakar, pencegahan serta penanganan Karhutla. "Termasuk sosialisasi prokes dalam rangka mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19," katanya 

Terakhir Ronny berharap, kepada instansi Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu serta organisasi masyarakat membangun sinergitas dan kerja sama yang baik, agar apa yang menjadi target dapat terselesaikan dengan baik. "Agar pembangunan sesuai harapkan kita semua," tuturnya.

Penulis: Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad