Kapuas Hulu Perlu Jembatan Timbang dan Gudang Muatan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, March 16, 2021

Kapuas Hulu Perlu Jembatan Timbang dan Gudang Muatan

Foto: Hemni Sukmana

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub)Kabupaten Kapuas Hulu, Hemni Sukmana mengatakan, wilayah Kapuas Hulu perlu timbangan jembatan, seperti di perbatasan Kabupaten Sintang dan Kapuas Hulu. Jembatan timbang berguna mencegah muatan barang yang melebihi kapasitas yang telah di tentukan. Dishub Kapuas Hulu pada awal tahun ini sudah mengajukan pembuatan jembatan timbang tersebut ke Kementerian Perhubungan.
"Kita liat tahun 2022 lah nanti, mudah - mudahan dari kementerian bisa memenuhi permintaan dari kita," katanya saat di temui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (16/3/2021).
Hemni menuturkan pihaknya belum mengetahui pada tahun 2022, pengajuan tersebut diterima atau tidak oleh pihak kementerian terkait. Pasalnya dana untuk pembangunan jembatan timbang juga cukup besar. "Kalau mengharapkan dari APBD Kapuas Hulu mungkin agak sulit membangunnya, selain jembatan timbang tentu perlu menyiapkan fasilitas pendukung lainnya seperti gudang," ujarnya.
Ketika ada kendaraan yang membawa muatan melebihi kapasitas jalan, otomatis barang yang dibawa kendaraan tersebut harus ditampung di gudang. Setelah mereka mengantar sebagian barangnya dulu, barang baru kembali lagi mengambil barang yang lainnya. "Jadi bukan hanya sekedar timbangan akan tetapi harus ada juga fasilitas lainnya," kata Hemni.
Hemni menjelaskan bahwa adanya jembatan timbang juga untuk menjaga keselamatan saat melakukan aktivitas di jalanan. Kendaraan yang berlebih muatan dapat berbahaya saat melintasi jalan yang menanjak, kemudian juga akan merusak jalan karena kemampuan jalan di Kapuas Hulu yang masih tipe rendah. "Jalan di Kapuas Hulu sendiri masih tipe rendah, belum bisa sebenarnya untuk kendaraan dengan muatan yang banyak tetapi karena kebutuhan masyarakat, ya mau tidak mau itu masih terjadi," ucapnya.
Hemni berharap, dari pihak Kementerian Perhubungan bisa memenuhi pengajuan pihaknya, bukan hanya sekedar jembatan timbangan akan tetapi fasilitas pendukung lainnya seperti gudang untuk penampungan barang. "Jadi barang yang menyebabkan muatan berlebih itu bisa dimasukkan ke gudang, barang - barang tersebut akan aman pasti dijaga petugas," tuntasnya. 

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad