Bakal Ada SMK Unggulan di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, March 10, 2021

Bakal Ada SMK Unggulan di Kapuas Hulu

Foto: Petrus Kusnadi, Kadisdikbud Kapuas Hulu/Rovi Andila

Kapuas Hulu - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi mengatakan, terkait SMK Unggulan dirinya juga sudah menerima instruksi dari Bupati bahwa Gubernur Kalbar akan membangun sekolah ungulan di Putussibau. Hal ini sangat baik karena Kapuas Hulu butuh SMK untuk menyiapkan generasi siap kerja.
Apalagi untuk SMA di Kapuas hulu sudah cukup banyak, sekarang bagaimana pengembangan SMK.
"Setingkat SMK adalah kewenangan Gubernur atau Pemprov Kalbar untuk membangun dan mendistribusikan tenaga guru nya juga dari sana," ucapnya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (9/3/2021).
Tingkat kabupaten mempunyai kewajiban untuk menyiapkan lahan, jadi untuk tahun ini, kata Kusnadi, pihaknya sudah memetakan dimana SMK yang cocok. "Dalam menyiapkan lahan memang harus sinergi dan betul-betul tepat nantinya, jadi pertimbangan nya lokasi tersebut betul-betul dapat dukungan dari sekolah-sekolah lain," terangnya.
Lulusan SMK, kata Kusnadi, harus betul-betul bisa di serap oleh dunia kerja. Pasalnya keadaan sudah berubah, bagi tamatan sekolah atau perguruan tinggi sulit menjadi PNS. Pekerjaan sudah banyak yang diganti dengan tenaga-tenaga mesin. "Apalagi penerimaan PNS sekarang hanya berpeluang besar di profesi guru atau tenaga medis," ujarnya.
Sebab itu pemerintah harus menyiapkan tenaga yang siap pakai, tenaga terampil, jadi setelah tamat SMK anak-anak bisa mandiri dan bekerja.
"Kita membutuhkan misalnya dari sisi bengkel dan otomotif, jadi selesai SMK mareka bisa mandiri. Kedepannya juga bisa dibantu fasilitas pendukung sehinga mereka bisa usaha mandiri dan buka lapangan kerja bagi yang lain," tuntasnya. 

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad