Tim Gabungan Berhasil Padamkan Karhutal di Kalis - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, February 26, 2021

Tim Gabungan Berhasil Padamkan Karhutal di Kalis

Foto: Upaya pemadaman karhutla oleh tim gabungan, Kamis (25/2/2021) malam/ Istimewa

Kapuas Hulu - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Dusun Sampak, desa Nanga Kalis, kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, provinsi Kalimantan Barat.
Pukul 17.45 WB, Kamis (25/2/2021). Tim gabungan BPBD Kapuas Hulu, Koramil dan Polsek KALIS, TAGANA serta TRC PRAMUKA Kapuas Hulu berhasil memadamkan kebakaran yang menghanguskan sekitar 3/4 Ha lahan hutan itu. 

Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan menuturkan pihaknya turun kelokasi kejadian setelah menerima laporan dari masyarakat. Masyarakat melaporkan adanya kebakaran di daerah Kalis tepatnya di desa Sampak. "Tim langsung berangkat Menggunakan kendaraan mobil Hilux 1 unit, mobil damkar 1 unit dan ada beberapa mengunakan sepeda motor. Tim langsung Menuju ke desa tersebut," ujarnya.
Penyebab Lahan terbakar belum dapat dipastikan, kata Gunawan, masih dalam penelusuran pihak kepolisian. Ia menjelaskan ada dua lahan terbakar di RT yang berbeda tapi lokasinya tidak berbeda jauh. "Lokasi pertama di RT 10 dan lokasi kedua di RT 11, lahan terbakar itu merupakan Lahan Usaha (LU) masyarakat setempat," terangnya.
Menurut Gunawan, tim melakukan pemadaman kurang lebih 1 sampai 2 jam. Kemudian lahan terbakar kurang lebih 3/4 Hektar. "Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga agar tidak terjadi karhutla akibat kelelaian, kemudian laporkan segera apabila ada karhutla supaya kebakaran cepat ditangani dan dicegah agar tidak meluas," tuntasnya. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad