Satpol PP Amankan Rahman Untuk Pengobatan Gangguan Jiwa - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, February 24, 2021

Satpol PP Amankan Rahman Untuk Pengobatan Gangguan Jiwa

Foto: Petugas Satpol PP Kapuas Hulu mengamankan Rahman untuk selanjutnya mendapatkan pengobatan dan penanganan ODGJ di rumah singgah Dinsos Kapuas Hulu, Rabu (24/2/2021)/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Dinas Sosial Kapuas Hulu dan Puskesmas Putussibau Utara secara kolaboratif menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Penanganan dilakukan terpadu di rumah singgah milik Dinsos Kapuas Hulu.

Kasi oprasional Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu, Azmiyansyah mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Sosial setempat menertibkan satu orang laki-laki, Rabu (24/2/2021). Laki-laki tersebut adalah Rahman, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). "Rahman kami amankan untuk diperlakukan secara baik dan diobati di rumah singgah milik Dinsos Kapuas Hulu," terangnya.
ODGJ tersebut juga sudah pihaknya bersihkan, diberikan pakaian layak, dipangkas rambut agar berpenampilan lebih baik. ODGJ itu nantinya akan dilayani Pukesmas Putussibau Utara yang akan memberikan obat. "Berkenaan dengan hari ini, kami menertibkan satu ODGJ," katanya saat di temui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu (24/2/2021). 
Azmi juga mengatakan, setelah penanganan terhadap Rahman selesai, pihaknya akan menjemput lagi satu perempuan ODGJ warga kecamatan Sejiram. ODGJ perempuan akan ditangani setelah Rahman keluar dari rumah singgah. "Tempat menangani ODGJnya terbatas jadi kita coba urus satu per satu," ungkapnya. 
Azmi berharap dengan penanganan secara bertahap kedepannya tidak ada lagi ODGJ yang berkeliaran di Putussibau, ataupun wilayah lainnya yang berada di Kapuas Hulu. Semua akan ditertibkan secara bersama-sama dari Satpol PP, Dinsos dan pihak Puskesmas. "Dengan adanya kegiatan ini, adanya orang gila berkeliaran itu kita minimalisir," ucapnya. 
Azmi menghimbau kepada masyarakat, apabila menemukan ODGJ jangan disakiti. Kemudian dari keluarga bersangkutan kiranya bisa bekerja sama untuk terus memberikan pengobatan secara intensif dan berkala agar ODGJ tersebut bisa pulih kembali. "Penyembuhan ODGJ hanya bisa maksimal bila keluarga yang bersangkutan berperang aktif mendampingi dan memberi obat," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad