Bimas Katolik Kapuas Hulu Perlu Penambahan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, February 19, 2021

Bimas Katolik Kapuas Hulu Perlu Penambahan

Foto : Linari Moji

Kapuas Hulu - Pegawai Penyelenggaraan Katolik Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu, Linaris Moji, mengatakan bahwa gereja katolik di kabupaten Kapuas Hulu berjumlah 298 gereja. Gereja tersebut dinaungi 14 paroki. "Masih ada beberapa tempat yang belum memiliki gereja, untuk itu umat yang berada di wilayah tersebut beribadah ke kapel, kapel sendiri itu sifatnya sementara bisa itu rumah penduduk dan lainya," ujarnya saat di temui di kantornya, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kamis (18/2/2021). 

Selain itu, Moji menyampaikan bahwa semua gereja katolik sudah berjalan dan difungsikan dengan baik oleh umat. Ia berharap seluruh gereja yang ada di 14 paroki tetap terus berjalan sebaik mungkin, sebagai tempat berkumpul dan bersekutu memberikan pengajaran agama. Dengan begitu gereja akan terus berkembang dan berpartisipasi dalam pembangunan dalam segala aspek kehidupan. "Gerejanya sudah aktif sudah berjalan dengan baik," ungkapnya. 

Moji mengatakan, dalam melakukan monitor gereja-gereja yang ada, pihaknya mengandalkan sumber daya manusia bukan pegawai negeri. Petugas tersebut di berikan honor dari Pemerintah dan juga bekerja alakadarnya. "Sementara ini kami sulit menaungi semuanya gereja yang ada, petugas kami kurang," ujarnya.
Moji berharap kedepan ada penambahan pegawai negeri khusus di bidang bimas Katolik. Selain itu perlu juga peningkatan sumber daya manusia.  "Untuk bimas katolik hanya ada dua orang, yang satu pegawai negeri dan satu tenaga kontrak. "Kami berharap ada penambahan petugas Binmas Katolik kedepannya," tuntasnya. 

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad