Saat Pandemi Covid-19 Banyak Warga Gadaikan Emas **Nasabah Pegadaian Kapuas Hulu Naik Signifikan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, January 21, 2021

Saat Pandemi Covid-19 Banyak Warga Gadaikan Emas **Nasabah Pegadaian Kapuas Hulu Naik Signifikan

Pegadaian Kapuas Hulu yang melayani masyarakat di wilayah ujung timur provinsi Kalimantan Barat

Assistant Manager II Pegadaian Kabupaten Kapuas Hulu, Ardiansyah mengatakan selama wabah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) melanda Indonesia, jumlah nasabah pegadaian di Kapuas Hulu meningkat signifikan. Sekarang ini nasabah meningkat lebih dari 4000 pelanggan. "Selama pandemi Covid-19 jumlah nasabah pegadaian meningkat signifikan, ada 4000 lebih pelanggan," katanya saat ditemui di Pegadaian Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis (14/1/2021).

Menurut Ardiansyah, saat pandemi Covid-19 begini masyarakat lebih cenderung untuk mengagunkan barangnya utamanya adalah emas. Masyarakat memilih mengagunkan emasnya karena mereka menilai bila dijual masih ada rasa sayang terhadap barang tersebut. Masyarakat melakukan itu ada yang beralasan untuk modal usaha atau kebutuhan lainnya. "Masyarakat cenderung untuk menggadaikan barang nya seperti emas, tujuannya ada yang untuk modal usaha," ungkapnya.

Kata Ardiansyah, selain menggadaikan emas, produknya lain yang jadi agunan adalah BPKB kendaraan motor ataupun mobil. Selain itu ada pula yang menggadaikan alat elektronik, seperti laptop ataupun hp. Khusus alat elektronik tetap dilihat spesifikasinya, karena ada ketentuan yang diatur sesuai dengan sistem operasional Pegadaian (SOP). "Kita menilainya sesuai SOP yang ada," ucapnya.

Ardiansyah mengharapkan masyarakat lebih mengenal Pegadaian dan bisa memanfaatkan aset yang ada, seperti emas atau BPKB kendaraan. Kemudian uangnya dijadikan untuk modal usaha sehingga dapat menghasilkan pendapatan dan membantu untuk memenuhi kebutuhan. "Kami berharap Pegadaian dapat membantu masyarakat di tengah masa sulit Covid-19," ujarnya.

Ardiansyah menegaskan bahwa pihaknya juga melayani pembelian logam mulia, transaksi untuk pembayaran listrik, Internet, tv langganan, paket data, serta pulsa juga biasa. Pegadaian ada juga layanan pembiayaan secara syariah yang memberikan kemudahan untuk mendapatkan porsi haji. "Dengan jaminan emas masyarakat dapat memperoleh tabungan haji yang digunakan untuk mendapatkan porsi haji, selain itu lewat Pegadaian bisa juga kredit motor ataupun mobil," ungkapnya.

Ardiansyah menegaskan pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan saat melayani masyarakat. Fasilitas untuk protokol kesehatan juga telah disiapkan, sehingga masyarakat tinggal mengikuti prosedur yang ada. "Karena sekarang era new normal, mari kita dalam beraktifitas tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti gunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau pakai hand sanitizer," tuntasnya. 


Penulis : Rovi Andila

Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad