Ketua Persit Ajak Generasi Muda Kembangkan Tenun - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, January 21, 2021

Ketua Persit Ajak Generasi Muda Kembangkan Tenun

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 121 PD XII/Tanjungpura Ny Rissa Ronny bersama Ketua Dekranasda Kapuas Hulu, Ny. Erlinawati Nasir saat mengunjungi balai sentra kerajinan di desa Pala Pulau, kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (19/1/2021)

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 121 PD XII/Tanjungpura Ny Rissa Ronny, mengunjungi balai sentra kerajinan di desa Pala Pulau, kecamatan Putussibau Utara, Selasa (19/1/2021). Balai sentra kerajinan tersebut merupakan binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam kunjungan tersebut Rissa mengatakan bahwa dalam kunjungannya tersebut dirinya ingin bersilaturahmi dengan para pengrajin yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu. Ia mengatakan dirinya tertarik untuk mengetahui budaya tenun yang merupakan budaya kerajinan tangan daripada Kapuas Hulu. "Saya ingin mengetahui budaya tenun, budaya kerajinan tangan Kapuas Hulu yang memang sudah dikenal di mancanegara," katanya.

Rissa menegaskan hasil tenun warga Kapuas Hulu justru menjadi produk yang diklaim oleh bangsa lain. Sebab itu, Rissa mengharapkan upaya pelestarian budaya tenun harus digencarkan sebagai aktivitas yang membanggakan. "Jangan sampai bangsa kita yang menenun, bangsa kita yang membikin, lalu diklaim sama pihak negara asing. Kita harus bangga kita lestarikan itu dan upayakan agar tidak diklaim bangsa asing," tegasnya.

Rissa juga berharap Pemda Kapuas Hulu bersama - sama dengan pihak terkait, beserta para pengrajin, bersinergi untuk meningkatkan kualitas dan keberlangsungan produksi produk lokal dari kebudayaan yang ada di Kapuas Hulu. Generasi penerus bangsa harus ada yang melestarikan budaya tenun serta mengkreasikan tenun, agar produk tersebut lebih baik lagi kedepannya. "Harapan kita pemerintah bersama dengan kita, dengan para pengrajin bersinergi untuk untuk meningkatkan budaya ini, juga mengajak generasi penerus bangsa supaya bisa mengkreasikan tenun yang ada menjadi lebih baik," tuntasnya. 


Penulis : Rovi Andila

Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad